Blog Tentang Mesin Las: Pengenalan Bagian Bagian Untuk Perlengkapan Pada Mesin Las CO2

Wednesday, June 20, 2018

Pengenalan Bagian Bagian Untuk Perlengkapan Pada Mesin Las CO2

Mesin Las CO2 adalah Mesin Las Listrik yang di bantu dengan tambahan Gas CO2 untuk mencairkan area pengelasan, Gas CO2 juga berpungsi sebagai pelindung pada area pengelasan dari pengaruh udara luar yang bisa mengakibatkan korosi (blow hole). Jenis mesin las CO2 ada Dua macam yaitu Mesin Las CO2 dengan System Thyristor dan Mesin CO2 dengan System Inverter. untuk keunggulan hasil dari pengelasan sudah pasti lebih bagus yang Inverter, selain permukaan dari hasil pengelasan tersebut lebih halus juga lebih stabil untuk alur dari hasil pengelasanya.
Untuk harga juga sudah pasti lebih mahal 2 kali lipat atau lebih dari harga mesin las CO2 dengan system Thyristor (Maaf... yang saya maksud untuk mesin las buatan Jepang atau Eropa dan Ori ya... ), untuk produk selain dari Jepang dan Eropa mungkin bisa jadi harganya lebih murah.

"-"pengenalan bagian bagian untuk perlengkapan pada mesin las co2-01"-"
Contoh - Tampilan untuk bagian depan pada Mesin Las CO2

Bagian bagian untuk perlengkapan pada Mesin Las CO2 :

"-"pengenalan bagian bagian untuk perlengkapan pada mesin las co2-02"-"
Welding Torch Mesin Las CO2

  • Regulator Gas untuk Tabung Gas CO2 (CO2 Regulator)
  • Kabel Las untuk arus positif ( Power Cable) - 3M Std
  • Kabel Las untuk arus Negatif (Ground Cable) - 3M Std
  • Kabel Listrik untuk sambungan Listrik dari Breaker ke Mesin Las
  • Tabung Gas CO2 ( CO2 Gas)


Cara pemasanganya adalah :

  • Pasang mesin las ke sumber listrik dengan Voltage yang sesuai dengan kebutuhan mesin las tersebut, nilai Voltage dan kVA yang di butuhkan bisa di lihat pada Name Plate yang terpasang pada Body Mesin, Biasanya 380V - 3 phase dan besaran Fuse - Breaker yang dibutuhkan untuk mesin las bisa anda lihat pada buku manual dibagian pemasangan (Installation). Catatan : Baca dengan teliti untuk buku manual dari mesin tersebut sebelum melakukan pemasangan.
  • Pasang Motor Feeder untuk Kawat Las Roll dan sambungkan Kabel Las untuk arus positif dan Negatif dengan terminal output pada mesin las, dan jangan lupa untuk selalu memastikan kekencangan mur pengikat, karena efek dari tidak kencangnya mur pengikat untuk setiap sambungan tersebut bisa mengakibatkan kerusakan mesin las atau terjadi kebakaran pada sambungan tersebut. Dan tempatkan wire feeder sesuai dengan kebutuhan operator, maksudnya supaya operator yang akan menggunakan mesin las tersebut nyaman dalam penggunaanya.
  • Pasang Torch Welding dengan menyambungkan ke bagian wire feeder.
  • Tempatkan Tabung Gas CO2 tidak terlalu jauh dari mesin Las, umumnya Slang Gas (Gas Hose) yang di sediakan dari perlengkapan mesin las adalah 3M, lalu pasang Regulator untuk Gas CO2 pada terminal keluaran dari Tabung Gas CO2 tersebut. setelah kencang lalu atur Flow keluaran Gas dari Regulator dengan memutar pengatur untuk keluaran Gas pada Regulator. Besaran Flow Meter untuk keluaran Gas yang sesuai dengan material yang akan di las bisa anda lihat pada table di buku manual pada bagian Parameter Welding.

Cek ulang untuk setiap pemasangan tadi untuk memastikan bahwa mesin tetsebut sudah benar benar siap untuk digunakan, sebaiknya buatlah Cek Sheet untuk item item pemasangan tadi supaya pemasangan tadi ada datanya.


1 comment:

Mengenal Mesin Las Jenis TIG Dan Perlengkapanya

Blog tentang mesin las ingin berbagi mengenai Mesin Las listrik jenis TIG Dan Perlengkapanya. Mesin las listrik jenis TIG hanya ...